Dunia Kado dan Peluang Bisnis Masa Kini

Gift

Gift

Sabtu pagi saya masih asyik di depan komputer menyelesaikan sebuah artikel ketika suami mengingatkan bahwa acara kami hari itu adalah mengunjungi sahabat kami dalam rangka menengok bayi mereka yang baru lahir seminggu yang lalu.

“Oh iya iya…Okay….Bentar lagi ya… 10 menit selesai nih. Sudah hampir finishing,tinggal upload aja kok.” Demikian saya menyahut dengan mata masih menatap ke layar dan jari-jari terus menekan tombol-tombol di keyboard komputer sambil berfikir mau bawa apa nantinya.

Pertanyaan demi pertanyaan dalam hati  kujawab sendiri. “Bawa kue atau buah?”Masa sih?? Emang besuk orang sakit… “Atau diamplopin aja uang kadonya?” Yaah, emang kondangan. Pasti mereka keberatan terima amplop karena kami sangat paham karakter sahabat kami tersebut. Atau kalaupun diterima, jangan-jangan terlalu sedikit nilainya untuk ukuran mereka sehingga seperti menerima recehan barangkali?….Walah serba salah juga…! Bukan ide bagus berarti.

Hmm baiklah…, berarti memang harus tetap cari kado. Sebuah kado biasanya tidak akan dilihat dari mahal atau murahnya. Ia akan diterima dengan senang hati, apalagi jika kemasan/ packingnya lucu dan menarik. Tentunya ini berdasarkan pengalaman pribadi  :)

Ya sudah, akhirnya kami putuskan untuk mencari kado di perjalanan. Saya ingat beberapa waktu lalu ada Dunia Kado di Jalan Raya Bintara, dekat sekolah putri kami. Meski belum pernah singgah ke toko tersebut, saya lihat di halamannya banyak motor dan mobil parkir setiap harinya.

Dan benarlah aneka jenis boneka dan ratusan macam barang-barang yang biasa dijadikan kado tertata rapi di sana. Dari mulai perlengkapan bayi, kado ulang tahun, pernikahan dan sebagainya. Toko 2 lantai itu selalu ramai oleh pengunjung. Sistem swalayan, dimana kita dapat mengambil dan memilih barang-barang itu sendiri sepuas hati, memberikan kenyamanan tersendiri bagi pembeli.

Satu kasir dan 4 pembungkus petugas pembungkus kado terlihat rapi berjejer siap melayani pembeli, sehingga pembeli akan terhindar dari antrean lama. Pelayanan cepat ini menjadi salah satu keistimewaan tentunya. Pemilik toko jelas memahami kebutuhan konsumen secara mendalam. Mereka tahu bahwa tak seorang pun menyukai pekerjaan menunggu, apalagi dengan imbuhan pakai lama.

Bungkus kado aneka warna dan bahan tersedia dengan beragam pilihan. Box-box cinderamata berbagai bentuk dan ukuran berjajar rapi didisplay mereka. Dan kelebihannya adalah pelayanan extra berupa membungkus kado di tempat dengan tambahan pita / aksesoris yang diberikan secara cuma-cuma..

Dibandingkan, harga bantal boneka sejenis yang pernah saya beli di sebuah pabrik boneka memang lebih mahal sekitar 40%. Jika dulu saya membeli boneka hingga ke home industrinya karena perlu dalam jumlah banyak untuk kepentingan pekerjaan, sekarang tidak mungkin hanya beli 1 pcs harus ke pabriknya bukan? Selain harga tidak akan mendapat harga grosir juga waktu pun tidak memungkinkan. Ditinjau dari segi manapun tetap tidaklah efektif pastinya.

Artinya, dengan mengambil margin profit sekitar 40% atau lebih, si pemilik toko masih memberikan tambahan-tambahan pelayanan berupa pembungkusan kado dan penambahan pernak-pernik penghiasnya. Maka, saya melihat bahwa terobosan yang dilakukan oleh si pemilik Dunia Kado sangatlah tepat. Mereka mampu membaca peluang dengan baik. Bahwa di jaman ini, kado adalah salah satu kebutuhan hidup yang semakin meluas ke berbagai kalangan. Frekuensi pembelian kado pun menjadi semakin sering saja. Anak-anak sekolah sering memberikan kado kecil untuk teman-temannya yang ultah, dengan atau tanpa perayaan. Bayangkan jika satu kelas terisi 30 siswa, maka dalam setahun seorang anak akan membeli 29 kali. Yang berarti dirata-rata hampir sebulan sekali anak-anak beli kado. Meski hanya berupa kado-kado kecil, alat tulis, gantungan kunci, atau yang lain. Juga para remaja yang saling berkirim kado pada sahabat dan teman khususnya🙂

Ibu-ibu arisan yang melakukan rekreasi biasa melakukan tukar kado, ataupun menyediakan doorprize setiap bulannya. Juga acara-acara pernikahan, sebagian masih memberikan kado meski sudah jamak menggunakan angpau yang dinilai lebih efektif dan efisien.

Belum lagi bagi para pasangan romantis, sesekali memberikan kejutan kado di hari ulang tahun suami/istrinya. Meski mungkin bagi para suami yang lebih senang memberi barang-barang yang terpakai di rumah, hadiah kejutannya bisa berupa rantang, panci presto atau penggorengan! Hehehehe….

Jadi, jika Anda saat ini sedang mencari ide untuk membuat sebuah usaha, dan di lingkungan sekitar Anda adalah tempat yang dirasa cocok untuk membuka usaha sejenis, silakan ATM – Amati, Tiru, dan Modifikasi bisnis-bisnis semacam Dunia Kado tersebut. Anda harus mencari nama lain tentunya. Karena ibarat sebuah brand, meski belum tahu apakah sudah dipatenkan, akan lebih baik jika Anda mempunyai nama sendiri dengan tetap dapat mengkomunikasikan apa yang Anda jual dan pelayanan apa yang disediakan kepada konsumen. Semoga bermanfaat.

6 pemikiran pada “Dunia Kado dan Peluang Bisnis Masa Kini

    • Yap, benar Mbak Nella….Meski masih ada sebagian orang yang tetap lebih puas kalau bisa beli dan memilih langsung, tapi bisnis online memang memberikan banyak kemudahan lain tentunya. Ga usah jalan tinggal klik, dan tunggu kirimannya…:)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s